Tuesday, January 19, 2010

Makanan Darurat : Nasi Goreng Rawit

Lagi-lagi hari ini gue kelaparan.. tidak ada mie instant tidak ada telor.. huaaaa

dengan sangat putus asa, gue turun dan memeriksa apa ada yang bisa dimakan.. DAN SEPERTI BIASANYA, banyak sih cemilan2.. tapi saya ingin makan berat.. pleasee...

akhirnya gue memeriksa magic jar dan menemukan masih ada nasi di sana.. gue ambil sepiring, terus gue taro di depan kipas angin.. niat hati ingin bikin nasi goreng dengan bumbu yang diulek.. tapi berhubung, gue males ngulek, gue memutuskan untuk bikin nasi rawit aja.. (nama ini diciptakan keluarga gue. yang sebenernya sih nasi goreng, cuma gak pake kecap manis aja..
ok, langsung masuk ke bahan2nya :

  • sepiring nasi
  • cabe rawit (kalo gue 7-8, tergantung sukanya aja)--iris
  • 1 siung bawang putih--iris halus
  • 1 siung bawang merah--iris halus
  • 1/2 bawang bombay kecil--cincang kasar
  • 1 lembar daun barang--iris halus
  • kecap asin
  • kecap inggris
  • garam
  • kaldu ayam
  • mentega
  • minyak wijen
  • terasi


Caranya adalah :

  • panasin mentega sama sedikit minyak wijen
  • masukin terasi, aduk2 hingga hancur
  • masukin bawang putih, bawang merah, bawang bombay, cabe rawit, aduk
  • kalo udah harum, masukin sedikit garam, kaldu ayam, kecap asin, kecap inggris. aduk rata
  • masukin nasi, aduk sampe rata..
  • kalo rasanya udah pas, matiin kompor, masukin daun bawang, aduk rata..


**siap disajikan** :D

*bisa ditambah telor, diaduk belakangan.. kalo yang gak suka pedes jadi nasi telor deh!

No comments:

Post a Comment